Pengaruh Kecukupan Modal, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Pada Profitabilitas Dengan Risiko Kredit Sebagai Pemoderasi

  • Aurelia Gracella Purba Universitas Udayana
  • I Gst. Ayu Eka Damayanthi Universitas Udayana

Abstract

Sektor perbankan merupakan sektor jasa yang berperan penting dalam pembangunan perekonomian. Tujuan utama bank adalah memperoleh profitabilitas. Profitabilitas merupakan salah satu indikator yang tepat untuk mengukur kinerja bank. Return On Asset mengukur kemampuan manajemen dalam memperoleh laba melalui total aset yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan risiko kredit memoderasi pengaruh kecukupan modal, struktur modal, dan ukuran perusahaan pada profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling pada sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.. Jumlah sampel yang diperoleh yaitu 130 observasian. Teknik analisis yang dilakukan adalah Moderated Regression Analysis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kecukupan modal dan struktur modal tidak berpengaruh pada profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif pada profitabilitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa risiko kredit belum mampu memoderasi pengaruh kecukupan modal dan struktur modal pada profitabilitas dan risiko kredit memoderasi negatif pengaruh ukuran perusahaan pada profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
PURBA, Aurelia Gracella; DAMAYANTHI, I Gst. Ayu Eka. Pengaruh Kecukupan Modal, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Pada Profitabilitas Dengan Risiko Kredit Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 1008-1037, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36773>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p08.
Section
Artikel