Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Likuiditas Perusahaan sebagai Pemoderasi

  • Nadya Anjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putra Astika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada nilai perusahaan serta pengaruh variabel likuiditas sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan nilai perusahaan. Variabel pengungkapan CSR diukur dengan pedoman GRI G4, variabel nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q, sedangkan variabel likuiditas diukur dengan menghitung current asset masing-masing perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel ditentukan melalui metode non probability dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 perusahaan yang merupakan perusahaan pemenang Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA)  tahun 2013–2016 dan merupakan perusahaan publik yang listing di Bursa Efek Indonesia  (BEI). Penelitian ini menggunakan Uji Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif signifikan pada nilai perusahaan dan variabel likuiditas berpengaruh negatif signifikan pada hubungan antara pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada nilai perusahaan, yang berarti likuiditas mampu memoderasi dengan memperlemah hubungan pengungkapan CSR pada nilai perusahaan. 


Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, nilai perusahaan, likuiditas, Indonesia Sustainability Reporting Awards.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-08
How to Cite
ANJANI, Nadya; ASTIKA, Ida Bagus Putra. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Likuiditas Perusahaan sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 899-928, july 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36646>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p04.
Section
Artikel