Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Asimetri Informasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Budget Emphasis Pada Senjangan Anggaran

  • Ni Putu Dewi Lisna Sulistyana Wati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gst. Ayu Eka Damayanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Partisipasi penganggaran merupakan suatu proses dalam pengambilan keputusan bersama oleh berbagai pihak dimana keputusan yang mereka ambil akan memiliki dampak masa depan terhadap mereka yang membuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penganggaran, asimetri informasi, ketidakpastian lingkungan dan budget emphasis pada senjangan anggaran. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas di Pemerintahan Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 Dinas dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh (sensus) dengan menggunakan seluruh populasi. Data dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa partisipasi penganggaran berpengaruh positif pada senjangan anggaran, asimetri informasi berpengaruh positif pada senjangan anggaran, ketidakpastian lingkungan berpengaruh negatif pada senjangan anggaran dan budget emphasis berpengaruh posititf pada senjangan anggaran Dinas Pemerintahan Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-02
How to Cite
WATI, Ni Putu Dewi Lisna Sulistyana; DAMAYANTHI, I Gst. Ayu Eka. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Asimetri Informasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Budget Emphasis Pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 2311-2337, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35449>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p22.
Section
Articles