Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dalam Penggunaan Software oleh Auditor yang Berimplikasi pada Kinerja Auditor

  • I Gusti Bagus Darmaningtyas Universitas Udayana
  • Ketut Alit Suardana Universitas Udayana

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh technology acceptance model (TAM) dalam penggunaan software oleh auditor dan implikasinya pada kinerja auditor (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali). Penelitian ini dilakukan di seluruh kantor Kantor Akuntan Publik di Bali sebanyak tujuh kantor yang terdapat pada Wilayah Bali tahun 2017 dengan menjadikan auditor sebanyak 73 orang sebagai sampel dengan metode sample jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan 60 responden yang kembali dan 13 digugurkan melalui teknik path analisis. Hasil analisis membuktikan bahwa persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh positif signifikan pada kinerja auditor. Persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh positif signifikan pada behavioral intention to use auditor. Behavioral intention to use mampu memediasi pengaruh positif kemanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) pada kinerja auditor di Kantor Akuntan Publik Di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-02
How to Cite
DARMANINGTYAS, I Gusti Bagus; SUARDANA, Ketut Alit. Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dalam Penggunaan Software oleh Auditor yang Berimplikasi pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 2448-2478, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35290>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p27.
Section
Articles