Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi

  • Ida Bagus Putu Rudy Mahasiswa
  • Nyoman Wijana Asmara Putra Universitas Udayana

Abstract

Sebuah perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan usahanya.Meningkatkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Namun dalam usaha untuk meningkatkan nilai perusahaan akan muncul konflikagensi yang mengakibatkan adanya biaya agensi (agency cost). Salah satu cara untuk meminimalkan biaya agensi adalah dengan adanya kepemilikan saham oleh manajemen dan kepemilikan saham oleh institusional, karena adanya control mereka miliki juga kepentingan yang sama oleh masing-masing pemilik saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional pada nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah 138 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015, dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 28 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI (www.idx.co.id). Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA).  Penelitian ini menemukan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi mampu memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan tetapi tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
How to Cite
RUDY, Ida Bagus Putu; ASMARA PUTRA, Nyoman Wijana. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 1903-1932, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35066>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p08.
Section
Articles