Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE)

  • Ni Luh Putu Puspita Dewi Universitas Udayana
  • Naniek Noviari

Abstract

Pajak merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam perekonomian, karena dalam pos penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sumbangan pajak memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan dengan sumber penerimaan lain (non pajak). Penerimaan pajak di Indonesia belum maksimal, padahal Indonesia memiliki potensi penerimaan pajak yang tinggi dikarenakan besarnya jumlah penduduk dan kegiatan usaha. Penghindaran pajak merupakan rangkaian aktivitas perencanaan pajak. Penghindaran pajak dapat dikatakan sebagai mengurangi pajak dengan mengikuti peraturan yang ada. Persoalan penghindaran pajak rumit dan unik, di satu sisi penghindaran pajak diperbolehkan, tapi di sisi lain penghindaran pajak tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan corporate social responsibility pada penghindaran pajak. Penghindaran pajak dalam penelitian ini diproksi dengan nilai CETR. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2015. Metode penentuan sampel dari penelitian ini adalah dengan purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh sampel sebanyak 36 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi linear berganda, penelitian menujukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan pada penghindaran pajak, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan pada penghindaran pajak.


Kata kunci: penghindaran pajak, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-07
How to Cite
DEWI, Ni Luh Putu Puspita; NOVIARI, Naniek. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 882-911, nov. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/34029>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)