PENGARUH LIKUIDITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA AGRESIVITAS PAJAK DENGAN CORPORATE GOVERNACE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Ni Kadek Kartika Yogiswari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • I Wayan Ramantha Universitas Udayana

Abstract

Penerimaan pajak di Indonesia mendatangkan hasil yang cukup besar bagi pelaksanaan pembangunan. Di sisi lain, bagi perusahaan pajak merupakan beban sehingga perusahaan cenderung agresif terhadap pajak dengan melakukan penghematan pajak melalui perencanan pajak. Perencanaan pajak (tax planning) ialah salah satu bagian dari manajemen pajak yang terdiri dari beberapa proses yakni mengumpulkan dan meneliti data  mengenai aturan perpajakan agar dapat ditentukan tindakan serta penghematan pajak yang dapat dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan corporate social responsibility pada agresivitas pajak dengan corporate governace sebagai variabel pemoderasi. Pengukuran corporate governace menggunakan komisaris independen dan komite audit. Penelitian dilakukan pada perusahaan jasa sektor property, real estate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel yaitu 24 perusahaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa likuiditas tidak berpengaruh pada agresivitas pajak sedangkan corporate social responsibility berpengaruh negatif pada agresivitas pajak. Variabel moderasi komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh likuididas dan pengaruh corporate social responsibility pada agresivitas pajak, sedangkan komite audit mampu memoderasi pengaruh likuididas dan pengaruh corporate social responsibility pada agresivitas pajak.


Kata Kunci: agresivitas pajak, likuiditas, corporate social responsibility, komisaris independen, komite audit

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-28
How to Cite
YOGISWARI, Ni Kadek Kartika; RAMANTHA, I Wayan. PENGARUH LIKUIDITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA AGRESIVITAS PAJAK DENGAN CORPORATE GOVERNACE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 730-759, sep. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/33969>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles