Pengaruh Kualitas SDM, Pemanfaatan Sistem Informasi, Pengendalian Intern dan Komitmen Organisasi Pada Kualitas Laporan Keuangan

  • Cok Istri Prami Shintia Universitas Udayana
  • NI Made Adi Erawati Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sistem informasi, sistem pengendalian intern dan komitmen organisasi pada kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung. Responden penelitian adalah 3 orang yaitu Kepala Sub Bagian Keuangan, Bendahara dan Staf Sub Bagian Keuangan di masing-masing SKPD Kabupaten Klungkung yang berjumlah 60 responden. penelitian ini menggunakan data primer dan di uji dengan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji R², uji F dan uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sistem informasi, sistem pengendalian intern dan komitmen organisasi berpengaruh positif pada kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kesimpulan dari hasil analisis adalah semakin tinggi kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sistem Informasi, sistem pengendalian intern dan komitmen organisasi yang dimiliki oleh pegawai di SKPD Kabupaten Klungkung dalam melaksanakan suatu tugas untuk membuat laporan keuangan maka kemampuan dalam membuat laporan keuangan akan semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-08
How to Cite
SHINTIA, Cok Istri Prami; ERAWATI, NI Made Adi. Pengaruh Kualitas SDM, Pemanfaatan Sistem Informasi, Pengendalian Intern dan Komitmen Organisasi Pada Kualitas Laporan Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 1186-1205, nov. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/33269>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p12.
Section
Articles