PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016

  • Pande Putu Enda Universitas Udayana
  • Agus Indra Tenaya K. Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Variabel yang digunakan adalah Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel independen dan Kinerja Keuangan Perbankan sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI). 


Populasi penelitian ini adalah seluruh bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 yang berjumlah 42 bank. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat 30 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian sehingga data penelitian berjumlah 120. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Dewan Komisaris Independen  tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Dewan Direksi berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan.  Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-21
How to Cite
ENDA, Pande Putu; TENAYA K., Agus Indra. PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 310-329, sep. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/33044>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles