Pengaruh Motivasi, Persepsi, Penghargaan Finansial, Pasar Kerja dan Pengakuan Profesional Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik

  • Ida Ayu Try Surya Warsitasari Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putra Astika

Abstract

Karir merupakan proses seseorang dalam membangun pekerjaan atau meniti pekerjaan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau yang diharapkan seseorang tersebut dalam jangka waktu tertentu. Pemilihan karir yang tepat serta sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki seseorang merupakan tahapan awal dalam pembentukan karir.  Agar seseorang dapat memilih karir yang sesuai dengan yang diharapkan ia harus mempertibangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karirnya. Profesi akuntan pada saat ini memiliki peran penting bagi entitas bisnis, pemerintah, dan masyarakat karena dianggap sebagai salah satu pihak yang mampu memberikan kontribusi besar dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh motivasi karir, motivasi ekonomi, persepsi, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja dan pengakuan profesional pada pemilihan karir sebagai akuntan publik.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Banyaknya sampel penelitian yang digunakan adalah 79 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjunkan bahwa motivasi karir, motivasi ekonomi, persepsi, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif pada pemilihan karir sebagai akuntan publik. Sedangkan disisi lain penghargaan finansial dan pengakuan profesional tidak berpengaruh  pada pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-02
How to Cite
WARSITASARI, Ida Ayu Try Surya; ASTIKA, Ida Bagus Putra. Pengaruh Motivasi, Persepsi, Penghargaan Finansial, Pasar Kerja dan Pengakuan Profesional Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 2222-2252, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/31762>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p19.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>