Pengaruh Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kemampuan Teknik Personal Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi

  • Ni Putu Ayu Krisnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Wayan Suartana Universitas Udayana

Abstract

Sistem informasi akuntansi berbasis komputer sangat penting diterapkan di Bank Perkreditan Rakyat untuk menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang relevan dan reliable. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen  Organisasi dan Kemampuan Teknik Personal terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori keadilan dan teori motivasi.  Penelitian ini dilakukan pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan. Populasi penelitian ini adalah 24 Bank Perkreditan Rakyat yang ada di Kabupaten Tabanan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Kuesioner yang kembali dan layak untuk diolah sebanyak 120 kuesioner. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Kemampuan Teknik Personal berpengaruh positif terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Hal tersebut berarti semakin tinggi Kompetensi Karyawan dengan sistem yang digunakan maka kinerja sistem informasi akuntansi semakin baik. Semakin besar Motivasi Kerja maka kinerja sistem yang digunakan semakin baik. Semakin tinggi dukungan Komitmen Organisasi maka semakin tinggi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Semakin tinggi Kemampuan Teknik Personal maka semakin tinggi kinerja sistem informasi akuntansi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih mengembangkan penelitian yang sama dengan topik yang berbeda dan mempertimbangkan variabel lain untuk menentukan Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Kemampuan Teknik Personal. Bagi perusahaan diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Kemampuan Teknik Personal yang nantinya akan berdampak pada Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-02
How to Cite
KRISNAWATI, Ni Putu Ayu; SUARTANA, I Wayan. Pengaruh Kompetensi Karyawan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kemampuan Teknik Personal Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 2539-2566, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/30933>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i03.p30.
Section
Articles