PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR PADA TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • Ni Kadek Ayu Rusmiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • A.A.G.P. Widanaputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Dunia pendidikan saat ini banyak hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan mahasiswa yang berkualitas yang dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh dosen, terutama dalam hal sistem pengajaran yang telah disampaikan oleh pengajar diruangan  kelas dalam bobot pelajaran yang disampaikan oleh dosen. Masih kurangnya konsentrasi belajar mahasiswa khususnya di kelas padahal konsentrasi belajar sangat diperlukan dan akan mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Konsentrasi belajar merupakan suatu kefokusan diri pribadi mahasiswa terhadap mata kuliah ataupun aktivitas belajar serta aktivitas perkuliahan. Menjalani aktivitas perkuliahan sangat dibutuhkan konsentrasi yang penuh untuk mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa non reguler jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang disebarkan kepada responden. Responden penelitian ini adalah mahasiswa non reguler jurusan akuntansi angkatan 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 170 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif, kecerdasan intelektual berpengaruh positif, dan perilaku belajar berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-06
How to Cite
RUSMIANI, Ni Kadek Ayu; WIDANAPUTRA, A.A.G.P.. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR PADA TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 959-985, aug. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/30783>. Date accessed: 23 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i02.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)