PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIKAP TERHADAP KEPATUHAN PELAPORAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP BADUNG UTARA

  • made adi nertha prabawa
  • Naniek Noviari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Pajak mempunyai peran yang sangat penting dalam penerimaan negara untuk membiayai berbagai bentuk pengeluaran dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat begitu pentingnya peranan pajak, maka pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penerimaan pajak. Salah satunya yaitu dengan diubahnya sistem pembayaran pajak menjadi self-assesment system. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan KPP Pratama Badung Utara dan sikap wajib pajak orang pribadi terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Dalam penelitian ini jumlah sampel adalah sebanyak 100 anggota sampel dan untuk mengumpulkan data digunakan kuesioner. Data diolah menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan bantuan

program  SPSS Dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan dan Sikap wajib pajak secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi. Berdasarkan simpulan tersebut, maka dapat disarankan agar KPP Pratama Badung Utara dapat meningkatkan kualitas pelayanan  yang sudah baik dan juga disarankan dilakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak.

Published
2012-12-05
How to Cite
NERTHA PRABAWA, made adi; NOVIARI, Naniek. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIKAP TERHADAP KEPATUHAN PELAPORAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP BADUNG UTARA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], dec. 2012. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/2060>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles

Keywords

Kualitas Layanan, Sikap, Kepatuhan