ASOSIASI KINERJA KEUANGAN, KEBERPIHAKAN ANGGOTA DEWAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Herkulanus Bambang Suprasto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian menguji pengaruh kinerja keuangan (rasio kemandirian, rasio efektifitas, rasio efisiensi), keberpihakan dewan perwakilan rakyat pada publik terhadap pertumbuhan ekonomi dengan partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan di pemerintahan daerah/kota Jawa Timur dan Bali. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisa regresi berganda. Data yang digunakan dalam analisis ini merupakan data pool time-series cross-sectional.

Temuan penelitian ini mengindikasikan kinerja keuangan dan keberpihakan anggota legislatif mampu menjelaskan pertumbuhan ekonomi daerah. Partisipasi masyarakat sebagai variable moderasi mampu mempertegas kemampun model dalam menjelaskan pertumbuhan ekonomi. Namun demikian partisipasi masyarakat bukan pemicu utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hasil pengujian menunjukkan pemerintah daerah merupakan aktor utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemandirian keuangan diluar penerimaan pajak pendorong utama pertumbuhan ekonomi daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-07-24
How to Cite
BAMBANG SUPRASTO, Herkulanus. ASOSIASI KINERJA KEUANGAN, KEBERPIHAKAN ANGGOTA DEWAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 64-92, july 2015. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/14069>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kinerja keuangan keberpihakan dewan perwakilan rakyat pada publik, partisipasi masyarakat&transparansi kebijakan publik dan pertumbuhan ekonomi.