Negative Politeness Used In Cempaka Lounge At Domestic Departure Ngurah Rai Airport

  • I Gede Arya Wisnu Karsana

Abstract

Study tentang politeness bertujuan untuk mengetahui negative politeness strategy dan faktor sosial yang mempengaruhi negative politeness tersebut yang diterapkan oleh karyawan Cempaka Lounge. Data dalam study ini diperoleh melalui observasi dan mencatat percakapan untuk mengetahui situasi di Cempaka Lounge. Lalu dianalisa menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Data yang telah diperoleh kemudian diteliti berdasarkan teori Negativ politeness dari Brown dan Levinson (1978:131-211) dan di analisa oleh Holmes (1992) dikombinasikan dengan teori Brown dan Levinson (1987) untuk menjelaskan sosial faktor yang mempengaruhi negative politeness. Berdasarkan hasil analisi ditemukan bahwa negative politeness strategi yang di terapkan oleh karyawan adalah Strategy 1 (Be Conventional Indirect), Strategy 2 (Question, Hedge), Strategy 3 (Be Pessimistic), Strategy 4 (Minimize the Imposition), Strategy 5 (Give Deference), Strategy 6 (Apologize). Dan faktor sosial yang mempengaruhi karyawan menerapkan negativ politeness adalah participant, setting dan topik.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARYA WISNU KARSANA, I Gede. Negative Politeness Used In Cempaka Lounge At Domestic Departure Ngurah Rai Airport. Humanis, [S.l.], aug. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8821>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Negative Politeness, Karyawan, Pelanggan.