Syntactic Analysis of Headline Structures in The Jakarta Post Online News

  • Amanda Ratri Yasmin

Abstract

Artikel ini berjudul “Analisis Sintaksis dari Struktur Judul Berita di Situs Online The Jakarta Post”. Penelitian ini terinspirasi oleh fenomena kehidupan sehari-hari, dengan berkembangnya teknologi masyarakat tidak lagi membaca berita dari koran tapi menggunakan gadget karena sekarang telah tersedia banyak layanan berita online. Hal pertama yang masyarakat baca dari berita adalah judulnya, tetapi sering kali judul berita melanggar aturan tata bahasa standar karena memiliki karakteristik yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis struktur khusus yang dimiliki judul berita di situs online The Jakarta Post dan untuk mengetahui struktur judul berita di situs online The Jakarta Post.


Data penelitian ini diambil dari situs berita www.harianregional.com yang merupakan versi online dari koran The Jakarta Post. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dengan menggunakan teknik mencatat. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori struktur khusus judul berita yang diusulkan oleh Swan (2005) dan Quirk (1985).


Hasil penelitian ini menunjukkan struktur khusus yang cenderung digunakan oleh penulis adalah: (1) penghilangan kata kerja bantu, (2) penghilangan artikel, (3) bentuk tenses sederhana, (4) bentuk masa depan, (5) penyingkatan, dan (6) penggunaan khusus dari tanda baca. Struktur khusus lainnya seperti untaian kata benda dan penggunaan as dan in jarang digunakan oleh penulis di The Jakarta Post.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
YASMIN, Amanda Ratri. Syntactic Analysis of Headline Structures in The Jakarta Post Online News. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29210>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

analisis sintaksis, judul berita, The Jakarta Post