THE SYMBOLIC MEANING OF “THE ROAD NOT TAKEN” BY ROBERT FROST

  • I Wayan Indrayana

Abstract

Robert Frost adalah seorang penyair yang sangat populer, bahkan bisa disebut  super populer, dan, puisi-puisinya yang dibuatnya nya sangat baik. Pada akhir hidupnya ia mencapai status yang disebut legenda hidup. Dalam puisinya yang berjudul The Road Not Taken,  diceritakan ada seorang yang melakukan perjalanan berdiri di hutan, mempertimbangkan suatu persimpangan jalan.  Kedua jalan tersebut sama-sama dan sama-sama terpakai dan tertutup oleh dedaunan yang tidak terinjak-injak. Ia memilih salah satu jalan dan berkata pada dirinya sendiri bahwa ia akan mengambil jalan yang satunya lagi pada suatu hari kelak.  Ia tahu bahwa tidak mungkin ia akan memiliki kesempatan lagi untuk melakukannya. Ia menegaskan bahwa ia telah mengambil jalan yang jarang dilalui. Ada dua teori utama yang diadopsi dalam penelitian ini. Pertama adalah Knickerbocker dan Reninger (1955: 309) yang menyatakan bahwa sebagai langkah pertama dalam memahami puisi, akan sangat membantu untuk membuat parafrase arti yang sederhana. Arti dari setiap bagian dari puisi bisa membantu untuk menentukan makna isi puisi tersebut secara keseluruhan, dan pada akhirnya seluruh isi puisi akan membantu menentukan arti dari masing-masing bagian. Dan yang kedua adalah teori dari Wellek dan Warren tentang pendekatan biografi untuk menemukan hubungan antara kehidupan nyata dari para penyair dengan isi cerita yang mereka katakan dalam puisi mereka.

Melalui puisi ini, Frost sedang berbicara kepada orang-orang tentang kehidupan yang unik dalam kehidupan manusia di mana setiap hari mereka dihadapkan dengan suatu keputusan yang harus dilakukan. Mereka menimbang pilihan mereka dan mencoba untuk memprediksi apa hasil dari keputusan tersebut. Sayangnya, mereka tidak bisa memprediksi masa depan. Mereka melihat ke bawah ada satu jalan yang harus dipilih sejauh mana mereka dapat memprediksi apa yang terjadi setelah menempuh jalan tersebut, namun akan selalu ada bermacam-macam hal yang selalu mencegah kita untuk terlalu jauh melihat ke masa depan. Jadi sulit atau mudahnya dalam hidup manusia, tergantung pada pilihan yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
INDRAYANA, I Wayan. THE SYMBOLIC MEANING OF “THE ROAD NOT TAKEN” BY ROBERT FROST. Humanis, [S.l.], july 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21856>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

persimpangan, prediksi, keputusan