CORPORATE ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY DAN PENINGKATAN KUALITAS FISIK PANTAI KUTA, BALI

  • I Wayan Yudiartana Staf di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali

Abstract

Abstract

This study aims at determining corporate environmental (CER) responsibilities along Kuta Beach (Bali) in relation to future forms of development, specifically the disposal of waste. For the last one and a half decades, this situation has generated such serious problems that the involvement of all stakeholders is now critical if issues are to be solved in generating a garbage free environment. The engagement of corporate hotel developers is viewed as an absolute determinant of such improvement. Here, not only is an ecologically sound approach to waste management wholly necessary, but the provision of associated infrastructure surfaces as a vital component in the process.

Keywords: Corporate environmental responsibility (CER), waste management, quality of space

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menentukan wujud tanggung jawab terhadap lingkungan alamiah dari beragam pelaku bisnis yang berada di sepanjang Pantai Kuta (Bali) serta keterlibatan mereka dalam pembangunan di masa depan. Ini khususnya yang berkaitan dengan penanganan bahan buangan. Dalam 15 tahun terakhir, situasi ini telah muncul sebagai permasalahan yang serius yang jika hendak ditangani akan mensyaratkan keterlibatan para pelaku bisnis. Penelitian ini memfokuskan bahasannya pada partisipasi perusahaan perhotelan, yang dipandang sebagai faktor penentu yang memiliki peran mutlak di dalam memperbaiki kondisi penanganan sampah yang telah ada sampai saat ini. Selain membutuhkan pendekatan yang berwawasan lingkungan, studi ini juga menemukan bahwa, penanganan bahan buangan di Pantai Kuta juga secara vital membutuhkan infrastruktur dalam proses pelaksanaannya.

Kata kunci: Corporate environmental responsibility (CER), penanganan sampah, kualitas ruang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-30
How to Cite
YUDIARTANA, I Wayan. CORPORATE ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY DAN PENINGKATAN KUALITAS FISIK PANTAI KUTA, BALI. RUANG: Jurnal Lingkungan Binaan (SPACE: Journal of the Built Environment), [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2015. ISSN 2355-570X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ruang/article/view/19460>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRS.2015.v02.i01.p02.
Section
Articles

Keywords

Corporate environmental responsibility (CER); penanganan sampah; kualitas ruang