PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI DESA WISATA PINGE, KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN

  • I Kadek Edi Dana Arta PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Ni Made Eka Mahadewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Luh Gede Leli Kusuma Dewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Kualitas pelayanan pemandu wisata di Desa Wisata Pinge akan berdampak terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata pinge. Sehingga, kualitas pelayanan pemandu wisata menjadi tolak ukur dalam menentukan kepuasan wisatawan. Rumusan masalah yang diangkat adalah (1) bagaimana persepsi wisatawan mancanegara terhadap kualitas pelayanan pemandu wisata di Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, kuesioner dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa wisatawan merasa kurang puas terhadap kualitas pelayanan pemandu wisata di desa wisata pinge, dengan tingkat kesesuaian sebesar 97,04%, dengan rata-rata tingkat kepentingan 4,19 yang berarti penting dan rata-rata tingkat kinerja sebesar 4,00 yang berarti penting sedangkan faktor-faktor yang dianggap penting dan perlu mendapat prioritas dengan tingkat kesesuaia yang kecil adalah Perhatian pemandu wisata terhadap keinginan dan kebutuhan wisatawan, kelengkapan perlengkapan pamandu wisata ( air dan pengeras suara), Inisiatif pemandu wisata dalam mengantisipasi masalah dan hambatan yang mungkin didapat selama dalam pemanduan, keandalan pemandu wisata dalam memberikan pelayanan sesuai dengan janji yang diberikan pada wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-01
How to Cite
EDI DANA ARTA, I Kadek; EKA MAHADEWI, Ni Made; LELI KUSUMA DEWI, Luh Gede. PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI DESA WISATA PINGE, KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 32-36, july 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22506>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p06.

Keywords

Desa Wisata Pinge, Kepuasan Wisatawan, Kepuasan Wisatawan Mancanegara, Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata