FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA PERGURUAN TINGGI PARIWISATA UNTUK BEKERJA KE LUAR NEGERI

  • I WAYAN SURYANA Universitas Udayana

Abstract

Dalam era globalisasi ini salah satu permasalahan yang dihadapi negara-negara berkembang adalah masalah pengangguran, demikian juga halnya dengan negara indonesia. Pengangguran terjadi sebagai akibat dari tidak sebandingnya jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah angkatan kerja yang tersedia. Atas dasar tersebut, maka sebagian besar masyarakat khususnya mahasiswa perguruan tinggi pariwisata memiliki pertimbangan untuk bekerja ke luar negeri. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa perguruan tnggi pariwisata untuk bekerja ke luar negeri. Variabel respon yang diteliti mempunyai skala ordinal yang terdiri atas empat kategori yaitu sangat tidak berminat, tidak berminat, berminat, dan sangat berminat.Variabel bebas yang digunakan berupa data kategorik dan rasio, maka untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan variabel respon digunakan metode regresi logistik ordinal. Dari 150 sampel yang diambil, sebanyak 10% menyatakan sangat tidak berminat, 14% tidak berminat,  34.7% berminat, dan 41.3% menyatakan sangat berminat bekerja ke luar negeri. memberikan model terbaik yaitu:

 

 

Berdasarkan model terbaik yang terbentuk, variabel bebas yang berpengaruh terhadap minat mahasiswa perguruan tinggi bekerja ke luar negeri yaitu variabel perolehan informasi (x1) dorongan keluarga (x2) lama pendidikan orang tua (x4) jumlah saudara kandung (x7) dan jurusan yang dipilih (x8) berpengaruh. Nilai koefisien determinasi yang terbentuk berdasarkan model terbaik sebesar 60,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I WAYAN SURYANA, Universitas Udayana
Jurusan Matematika, fakultas MIPA
Published
2012-09-17
How to Cite
SURYANA, I WAYAN. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA PERGURUAN TINGGI PARIWISATA UNTUK BEKERJA KE LUAR NEGERI. E-Jurnal Matematika, [S.l.], sep. 2012. ISSN 2303-1751. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mtk/article/view/1784>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MTK.2012.v01.i01.p011.
Section
Articles

Keywords

Minat mahasiswa; Mahasiswa Perguruan Tinggi Pariwisata; Regresi Logistik Ordinal