ANALISIS PERENCANAAN TUBUH BENDUNGAN ANTARA TIPE URUGAN DENGAN ROLLER COMPACTED CONCRETE DAMS (STUDI KASUS: SUNGAI MELANGIT, KAB. BANGLI)

  • Hasan Wanandi - Alumni Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar
  • I Gusti Ngurah Diwangkara Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar
  • Ida Bagus Ngurah Purbawijaya Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Sungai Melangit di Kabupaten Bangli diharapkan dapat digunakan secara maksimal untuk mengairi lahan pertanian disekitarnya. Pembangunan bendungan berfungsi sebagai penangkap air dan penyimpan air pada musim penghujan. Pada aliran sungai Melangit, telah direncanakan pembuatan bendungan oleh Dinas Pekerjaan Umum dengan menggunakan bendungan tipe urugan tanah. Penulis telah membandingkan antara penggunaan bendungan RCC dengan bendungan tipe urugan tanah. Perencanaan bendungan beton dimulai dengan mencari data curah hujan terbaru dan menghitung curah hujan rencana. Curah hujan rencana diperlukan untuk perhitungan banjir rencana. Kemudian banjir rencana yang didapat dibandingkan dengan banjir abnormal (probable maximum flood) dan diambil hasil yang terbesar. Dari data lengkung kapasitas dan neraca inflow-outflow waduk dapat dicari tinggi
genangan air yang memenuhi kebutuhan tampungan pada neraca inflow-outflow. Kemudian dicari penelusuran banjir sehingga didapat tinggi puncak bendungan. Bendungan dihitung stabilitasnya dan hasilnya harus memenuhi angka keamanan yang disyaratkan. Setelah dimensi tubuh bendungan didapat, lalu dihitung biaya pembangunannya dan dibandingkan dengan biaya pembangunan bendungan tipe urugan tanah.Dari hasil perbandingan, didapat biaya pembangunan bendungan RCC sebesar Rp 90.236.041.566,00 dan biaya pembangunan bendungan urugan tanah sebesar Rp 104.407.233.539,00. Jadi, bendungan dengan menggunakan RCC lebih ekonomis dibandingkan dengan bendungan tipe urugan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-14
How to Cite
-, Hasan Wanandi; DIWANGKARA, I Gusti Ngurah; PURBAWIJAYA, Ida Bagus Ngurah. ANALISIS PERENCANAAN TUBUH BENDUNGAN ANTARA TIPE URUGAN DENGAN ROLLER COMPACTED CONCRETE DAMS (STUDI KASUS: SUNGAI MELANGIT, KAB. BANGLI). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], oct. 2016. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/24102>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Keywords

bendungan, Roller Compacted Concrete, RCC, perbandingan