PERANCANGAN ALAT UKUR KETINGGIAN CURAH HUJAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

  • Agus Muliantara Program Studi Teknik Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Jurusan Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Udayana
  • I Made Widiartha Jurusan Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Udayana

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari hujan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi karena hujan dapat memenuhi kebutuhan air. Namun kadang kala hujan yang turun ternyata melebihi daya tampung alam sehingga dapat mengakibatkan banjir. Berbagai cara digunakan untuk mengatasi bencana banjir yang diakibatkan oleh tingginya intensitas curah hujan. Diantaranya adalah memperbaiki irigasi, m enambah titik-titik serapan air. Namun kadang kala cara yang digunakan untuk mengatasibanjir belum cukup untuk meminimalkan kerusakan  yang diakibatkan oleh hujan. Meskipun saluran irigasi dandaerah resapan sudah luas, banjir masih saja terjadi. Untuk itu perlu dilakukan upaya evakuasi sebelum terjadinyabanjir tersebut. Untuk itu diperlukan sebuah alat yang mampu memberikan informasi ketinggian curah hujan yang terjadi.

Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya umumnya masih memiliki kelemahan yaitu memerlukanperangkat komputer dan pelindung permanen untuk menjaga keamanan dan kehandalan alat Untuk itudibangunlah suatu sistem pengukuran curah hujan yang praktis, otomatis, dan memiliki metode penyimpanandata.

Pada beberapa kali percobaan, didapatkan informasi bahwa sensor mampu memantau ketinggian air pada alat pengukur curah hujan, dan data yang dikirim oleh modul GSM mampu diterima pada server. Data yang ditampilkan sudah mampu mewakili kondisi ketinggian air pada alat pengukur curah hujan. Data ini dapat pula digunakan sebagai peringatan dini terhadap ketinggian air yang melewati ambang batas normal

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-26
How to Cite
MULIANTARA, Agus; SANJAYA ER, Ngurah Agus; WIDIARTHA, I Made. PERANCANGAN ALAT UKUR KETINGGIAN CURAH HUJAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 8, n. 2, sep. 2015. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/18362>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

arduino;mikrokontroler; alat pengukur curah hujan;otomatis