OPTIMASI LINTASAN GAME MEKEPUNG 3D PADA ENGINE UNITY3D

  • I Putu Agus Edy Saputra Program Studi Teknik Informatika, Fakultas MIPA Universitas Udayana
  • Ida Bagus Made Mahendra Program Studi Teknik Informatika, Fakultas MIPA Universitas Udayana

Abstract

Untuk media promosi budaya, peranan game  sangatlah penting, dikarenakan banyak produsen game  dari Asia bahkan Eropa yang terkenal secara tidak langsung mempromosikan budaya mereka dalam game  yang mereka buat, maka dari itu tidak heran bahwa anak Indonesia khususnya Bali banyak mengenal budaya luar ketimbang budaya lokal, karena pengaruh game  yang di mainkan anak-anak tersebut bernuansa budaya dari produsen game yang membuatnya. Penelitian ini merancang game  yang memberikan informasi bagaimana dan apa sebenarnya permainan tradisional bali "Makepung". Game  ini dirancang berbasis mobile dan desktop dengan bahasa pemrograman C# yang menggunakan unity3D untuk menggabungkan bahasa pemrograman dan model 3D supaya menjadi sebuah game .

Game  "Makepung" ini diimplementasikan menggunakan algoritma A*(star ) serta menerapkan konsep looping ( perulangan ) pada lintasan agar sistem pada game lebih sedikit merender object dibandingkan harus menaruh lintasan full di dalamnya. Lintasan ini di bagi menjadi beberapa bagian lalu ketika player melewati trigger yang ada di lintasan maka bagian dari lintasan lainnya diciptakan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan algoritma pencarian A*(star ) dalam game "Makepung" ini mampu memecahkan permasalahan bagaimana lawan menghindar melewati rintangan. Disamping itu, optimasi pada lintasan dengan cara membagi lintasan menjadi beberapa bagian mampu membuat game berjalan bagus dibandingkan pada saat lintasan tidak dibagi, dikarenakan game sistem merender sedikit object ketika lintasan tersebut dibagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-26
How to Cite
EDY SAPUTRA, I Putu Agus; MAHENDRA, Ida Bagus Made. OPTIMASI LINTASAN GAME MEKEPUNG 3D PADA ENGINE UNITY3D. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 8, n. 2, sep. 2015. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/18361>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Game Makepung; Game Tradisional; Game 3D; Looping Terrain; Unity 3D; Algoritma A* (star)