Pengaruh Pemicuan Masalah Demam Berdarah Berbasis Masyarakat Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Pencegahan DBD Pada Kader PKK Di Kelurahan Sesetan Tahun 2013

  • Wahyu Adhy Prasetya PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi yang kejadiannya masih tetap tinggi. Pencegahan yang tepat harus lebih ditingkatkan untuk menurunkan angka kejadian DBD. Kelurahan Sesetan merupakan daerah yang memiliki kasus DBD tertinggi pada tahun 2011 di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Selatan. Metode partisipasif sangat diperlukan untuk mengajak masyarakat berperan serta dalam upaya preventif promotif, salah satunya melalui metode pemicuan masalah demam berdarah berbasis masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemicuan masalah demam berdarah berbasis masyarakat terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan DBD pada kader PKK di Kelurahan Sesetan tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan Quasi Eksperimen dengan Non equivalent control group design yang menggunakan pengukuran berulang. Tujuh belas wanita mendapat intervensi. Kelompok perlakuan diberikan intervensi dengan pelatihan pemicuan DBD, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan leaflet. Hasil pre dan 2 kali post test dianalisis secara deskriptif dengan uji General Linear Model (GLM) Repeated Measure.

Hasil penelitian ini menunjukan ada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku kader PKK di Kelurahan Sesetan yang mendapatkan intervensi mengenai pencegahan DBD sebelum dan setelah diberikan pemicuan. Namun, pemicuan ini belum dapat dikatakan meningkatkan pengetahuan pada kelompok intervensi jika dibandingkan kelompok kontrol karena terjadi bias histori dan bias instrumen. Sedikit berbeda dengan hasil pengukuran sikap dan perilaku yang menunjukkan adanya peningkatan efek pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol

Disarankan kepada instansi terkait untuk mengupayakan pemicuan DBD sebagai salah satu alternatif promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pencegahan demam berdarah di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
PRASETYA, Wahyu Adhy. Pengaruh Pemicuan Masalah Demam Berdarah Berbasis Masyarakat Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Pencegahan DBD Pada Kader PKK Di Kelurahan Sesetan Tahun 2013. Community Health, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7697>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Pemicuan, Pencegahan, Demam Berdarah, Kader PKK