Faktor-Faktor Manajerial Yang Melatarbelakangi Tingginya Kejadian Jumlah Pasien Dengan Dekubitus (Indikator Patient Safety) Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Tahun 2012

  • I Dewa Gede Windu Sanjaya PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Patient Safety di rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. Dalam konsep Patient Safety ada beberapa Indikator dalam menentukan kondisi keselamatan pasien saat menerima perawatan di instalasi rawat inap rumah sakit, salah satunya adalah jumlah penderita dengan dekubitus. Data tahun 2010 menunjukkan kejadian dekubitus di RSU Puri Raharja mencapai 45% dari target maksimal yang ditetapkan yaitu <25%. Hal ini menunjukan kejadian dekubitus sangat tinggi. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor manajerial yang melatarbelakangi tingginya kejadian pasien dengan dekubitus pada penerapan konsep patient safety di instalasi rawat inap RSU Puri Raharja.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif menggunakan  pendekatan cross-sectional dengan 9 orang responden perawat dan staf manajemen yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara dengan melakukan in-depth interview dan dianalisis secara kualitatif.

Kesimpulan dari penelitian adalah faktor-faktor manajerial yang melatarbelakangi tingginya kejadian pasien dengan dekubitus adalah Fungsi Controlling yaitu Supervisi dan Monitoring, Sistem Pencatatan dan Pelaporan, Evaluasi, Audit Medis, dan Alur Penyampaian Informasi kepada keluarga. Tidak semua fungsi manajemen (planning, organizing, actuating) diterapkan dalam program ini. Saran yang diberikan untuk unit pelayanan medik dan penunjang, agar lebih intensif melakukan supervisi dan monitoring. Memperbaiki metode pendokumentasian parameter didalam patient safety khususnya pasien dengan dekubitus. Dan  memperbaiki proses desiminasi hasil evaluasi, sehingga diketahui oleh seluruh perawat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-10
How to Cite
SANJAYA, I Dewa Gede Windu. Faktor-Faktor Manajerial Yang Melatarbelakangi Tingginya Kejadian Jumlah Pasien Dengan Dekubitus (Indikator Patient Safety) Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Tahun 2012. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 2, july 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7630>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Patient Safety, Decubitus, Faktor Manajemen