PREVALENSI PASIEN IVA POSITIF MELALUI METODE SEE AND TREAT DI PUSKESMAS TABANAN III KABUPATEN TABANAN PERIODE BULAN JANUARI-JUNI 2014

  • Riski Ratnashinta Yustitia Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Putu Mayun Mayura Bagian/ SMF Obstetri dan Ginekologi FK UNUD/ RSUP Sanglah Denpasar

Abstract

Latar belakang: Kejadian lesi prakanker diperkirakan delapan kali jumlah kanker leher rahim yaitu184/100.000. Apabila lesi prakanker tidak segera ditangani dengan baik maka akan berkembangmenjadi kanker. Lesi prakanker ini dapat diketahui dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA).Untuk itu cakupan skrining IVA dan krioterapi ini perlu ditingkatkan dengan kerja keras, kerja cerdas,dan inovasi bersama seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiprevalensi pasien IVA positif melalui Metode See And Treat di Puskesmas Tabanan III KabupatenTabanan selama bulan Januari- Juni 2014. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data sekunder berupablangko skrining IVA yang memenuhi kriteria inklusi, dan data disajikan dalam bentuk tabel.Penelitian dilakukan pada 123 rekam medis/blangko pasien skrining IVA di Puskesmas Tabanan IIIpada bulan Januari- Juni 2014 dengan jumlah sampel eksklusi sebanyak 22 blangko sehingga sampel yang memenuhi kriteria inklusi adalah 101 blangko.Hasil: Didapat pasien IVA positif sebanyak 10,9% dan IVA negatif sebesar 89,1 %. 100% pasienIVA positif tersebut melanjutkan tindakan krioterapi. Frekuensi pasien IVA Positif tertinggi terdapatpada kelompok umur 36-45 tahun yaitu 54,5% dan sebanyak 90,9% pasien IVA positif terjadi padawanita yang menikah pertama kali pada kelompok usia 17-25 tahun, 54,5% pasien menggunakankontrasepsi oral dan sisanya tidak.Simpulan: Prevalensi pasien IVA positif di Puskesmas Tabanan III Kabupaten Tabanan masihterbilang tinggi sehingga perlu dilakukan sosialisasi mengenai Skrining IVA dan Krioterapi gunameningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan lesi prakanker dan kanker serviks dan menurunkan angka insiden lesi prakanker dan kanker serviks.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riski Ratnashinta Yustitia, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
I Gusti Putu Mayun Mayura, Bagian/ SMF Obstetri dan Ginekologi FK UNUD/ RSUP Sanglah Denpasar
Bagian/ SMF Obstetri dan Ginekologi FK UNUD/ RSUP Sanglah Denpasar
Published
2016-11-03
How to Cite
YUSTITIA, Riski Ratnashinta; MAYURA, I Gusti Putu Mayun. PREVALENSI PASIEN IVA POSITIF MELALUI METODE SEE AND TREAT DI PUSKESMAS TABANAN III KABUPATEN TABANAN PERIODE BULAN JANUARI-JUNI 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/24703>. Date accessed: 23 apr. 2024.

Keywords

Lesi prakanker, IVA Positif, Krioterapi