PREVALENSI BURUH PENGRAJIN GENTENG LELAKI DENGAN KETERGANTUNGAN NIKOTIN DI DESA DARMASABA, KECAMATAN ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG PADA TAHUN 2013

  • Agus Wahyu Permana Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Kebiasaan merokok sangat susah dihilangkan karena beberapa orang menganggap dengan merokok bisa membuat pikiran lebih tenang. Pada dasarnya merokok memiliki dampak negatif yang sangat besar bagi kesehatan manusia. Dampak negative tersebut bersumber dari zat adiktif yang ada pada batang rokok yaitu nikotin. Nikotin dapat mengakibatkan ketergantungan sama halnya dengan kafein pada kopi. Apabila ketergantungan terhadap nikotin semakin berat, maka akan berimbas terhadap kesehatan manusia. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian tentang prevalensi perokok yang ketergantungan terhadap zat nikotin. Pada penelitian ini dilakukan studi deskriptif tentang prevalensi buruh pengrajin genteng laki-laki dengan ketergantungan nikotin di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung dengan penyebaran kuisioner FTND (Frogerstrom Test Nicotine Dependence) kepada 35 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Jumlah minimal sampel diperoleh dengan rumus Slovin dan pengumpulsan sampel dilakukan dengan teknik snow ball. Kemudian didapatkan data rerata umur responden 37,83±10,32. Latar belakang pendidikan sebagian besar lulusan Sekolah Dasar yaitu sebanyak 25 orang (71,43%), SMP 7 orang (20%), SMA 2 orang (5,71%), tidak bersekolah (2,86%). Sebagian besar responden bukan penduduk asli Bali. Responden yang berasal dari Jawa 30 orang (85,72%), penduduk asli Bali 4 orang (11,43%), dari daerah lain 1 orang (2,86%). Didapatkan 26 responden (74,29%) mengalami ketergantungan berat terhadap Nikotin dengan poin FTND 7-10 dan 9 responden mengalami ketergantungan sedang dengan poin FTND 4-6. Rerata poin FTND dari keseluruhan data sampel adalah 7,11±1,3. Sehingga, berdasarkan rerata keseluruhan poin FTND dapat disimpulkan bahwa responden mengalami ketergantungan berat terhadap zat Nikotin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agus Wahyu Permana, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Published
2016-11-03
How to Cite
PERMANA, Agus Wahyu. PREVALENSI BURUH PENGRAJIN GENTENG LELAKI DENGAN KETERGANTUNGAN NIKOTIN DI DESA DARMASABA, KECAMATAN ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG PADA TAHUN 2013. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/24700>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

Nikotin, Merokok, FTND