Analisis Faktor Motivasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Komunikasi, Penempatan Karyawan, dan Kompensasi yang Mempengaruhi Semangat Kerja Karyawan Hotel Bali Hyatt Sanur Bali

  • Ni Wayan Quiena Purnamandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Wayan Suana Fakultas Ekomoni dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Bali Hyatt Sanur untuk mengetahui faktor-faktorĀ  yang menentukan semangat kerja karyawan. Dengan metode Propotional Stratified Random, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 orang. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Analisis faktor adalah teknik analisis yang digunakan dengan tidak mengklasifikasikan variabelnya sebagai dependent dan independent variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua faktor yang diteliti, yakni faktor lingkungan kerja, komunikasi, motivasi, kepemimpinan, penempatan karyawan, dan kompensasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja. Berdasarkan hasil ini, pihak manajemen Hotel Bali Hyatt Sanur hendaknya memperhatikan keenam faktor tersebut karena telah teruji mempengaruhi semangat kerja karyawannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-08
How to Cite
PURNAMANDARI, Ni Wayan Quiena; SUANA, I Wayan. Analisis Faktor Motivasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Komunikasi, Penempatan Karyawan, dan Kompensasi yang Mempengaruhi Semangat Kerja Karyawan Hotel Bali Hyatt Sanur Bali. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], aug. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/8715>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

semangat kerja, motivasi, kepemimpinan, kompensasi