PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP CITRA PDAMTIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG

  • Andana Ega Harsa Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Tjokorda Gede Raka Sukawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Citra (Image) perusahaan selalu menjadi sorotan bagi masyarakat yang menjadi pengguna jasanya.Kondisi ini merupakan sebuah tantangan sekaligus dilema yang berkepanjangan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa.Sorotan tentang citra perusahaan juga diterima oleh Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.Studi yang bertajuk pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap citra (image) perusahaan ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh CRM dan GCG terhadap citra perusahaan.Alat uji yang digunakan menguji hipotesis adalah model regresi linear berganda dengan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas sebagai asumsi klasiknya.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) dan Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. Fokus peningkatan untuk customer relationship adalah pada peningkatan SDM, teknologi dan proses peningkatan pelayanan. Sedangkan peningkatan corporate governance diarahkan pada optimalisasi penerapan prinsip keadilan, transparansi dan akuntabilitas serta pertanggungjawaban perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-06
How to Cite
WIJAYA, Andana Ega Harsa; SUKAWATI, Tjokorda Gede Raka. PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP CITRA PDAMTIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 7, july 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20427>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

(customer relationship management; good corporate governance; images)