PERAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMEDIASI DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE PADA IKLAN MEREK AQUA (STUDI PADA KONSUMEN AQUA) DI KOTA DENPASAR

  • Ayu Satya Kartika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • A.A Gede Agung Artha Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Pemasar berlomba-lomba untuk mempertahankan konsumenya dengan menggunakan bauran promosi sebagai solusi. Salah satunya yang masih dianggap paling efektif adalah iklan, karena dapat meraih konsumen dalam jumlah besar yang tersebar secara geografis serta memiliki pesan jangka panjang yang dapat memicu penjualan yang cepat. Iklan yang memiliki daya tarik yang kuat akan menciptakan  iklan yang efektif untuk membuat sikap positif didalam benak konsumen Populasi yang digunakan adalah pelanggan dari produk air mineral dalam kemasan Aqua. Sampel yang diambil sebanyak 140 responden dengan metode non probability sampling, khususnya metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel daya tarik iklan dan efektivitas iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude serta adanya peran mediasi dari variabel efektivitas iklan yang dapat memperkuat hubungan daya tarik iklan terhadap brand attitude. Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan daya tarik dalam  iklan Aqua akan dapat mempertahankan konsumennya dengan menumbuhkan sikap positif melalui efektivitas iklannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-14
How to Cite
KARTIKA, Ayu Satya; ARTHA KUSUMA, A.A Gede Agung. PERAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMEDIASI DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE PADA IKLAN MEREK AQUA (STUDI PADA KONSUMEN AQUA) DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, jan. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15792>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Daya tarik iklan, efektivitas iklan, brand attitude, produk, konsumen