PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN AFEKTIF, KOMITMEN KALKULATIF, DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP TURNOVER INTENTION DI AYODYA RESORT BALI

  • Gusti Putu Evan Berta Manuel Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Agoes Ganesha Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian dilakukan di sebuah hotel bernama Ayodya Resort Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 16 indikator. Teknik analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja, komitmen afektif, komitmen kalkulatif dan komitmen normatif berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja, komitmen afektif, komitmen kalkulatif, dan komitmen normatif dapat menekan turnover intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa komitmen afektif, komitmen kalkulatif, dan komitmen normatif memiliki peran mediasi antara hubungan kepuasan kerja dengan turnover intention dengan peran mediasi terkuat adalah komitmen kalkulatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-14
How to Cite
EVAN BERTA MANUEL, Gusti Putu; GANESHA RAHYUDA, Agoes. PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN AFEKTIF, KOMITMEN KALKULATIF, DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP TURNOVER INTENTION DI AYODYA RESORT BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 8, aug. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/12825>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Komitmen Afektif, Komitmen Kalkulatif, Komitmen Normatif, Turnover Intention.