PERAN STATUS KEPEGAWAIAN DALAM MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROVINSI BALI

  • I Nyoman Wirakusuma Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Desak Ketut Shintaasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Status karyawan adalah keadaan yang membedakan karyawan yang satu dengan yang lain dalam perusahaan. Dalam kenyataannya status kepegawaian dibedakan menjadi pegawai tetap dan pegawai kontrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kepuasan kerja dan komitmen organisasional antara PNS dan pegawai kontrak, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efek moderasi dari status kepegawaian pada pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali dengan sampel penelitian sebanyak 72 orang, terdiri atas 36 PNS dan 36 pegawai kontrak dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Anova dan MRA (Moderate Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan kepuasan kerja antara PNS dan pegawai kontrak, namun hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan komitmen organisasional antara PNS dan pegawai kontrak. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Status kepegawaian terbukti memperkuat pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional pegawai Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-03-12
How to Cite
WIRAKUSUMA, I Nyoman; SHINTAASIH, Desak Ketut. PERAN STATUS KEPEGAWAIAN DALAM MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROVINSI BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 3, mar. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11559>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci : komitmen organisasional, status kepegawaian, kepuasan kerja