PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN UBUD AURA ACCOMODATION DI UBUD, GIANYAR

  • I Made Sadhana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Desak Ketut Sintaasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja, 2) Menganalisis pengaruh tidak langsung kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja, dan 3) Menganalisis pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di Ubud Aura Accomodation yang berlokasi di Ubud, Gianyar - Bali. Responden dalam penelitian adalah seluruh karyawan yang berjumlah 52 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian membuktikan pengaruh positif dan signifikan secara langsung kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan yang berarti semakin baik kepemimpinan dan semakin sesuai kompensasi yang diberikan perusahaan maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja. Penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kinerja karyawan akan menjadi lebih baik ketika kepuasan kerja karyawan dapat ditingkatkan. Dari hasil penelitian ini pihak perusahaan penting untuk lebih memperhatikan aspek kepemimpinan terutama dalam hal komunikasi dengan karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang dapat membuat karyawan merasa nyaman. Pemberian kompensasi finansial dalam bentuk gaji perlu disesuaikan dengan beban karyawan dan kepuasan kerja akan meningkat dan kinerja karyawan juga akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-15
How to Cite
SADHANA, I Made; SINTAASIH, Desak Ketut. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN UBUD AURA ACCOMODATION DI UBUD, GIANYAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 1, jan. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10203>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

leadership, compensation, work satisfaction, and performance