APLIKASI METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK SURVEY PIPA BAWAH PERMUKAAN

  • Bulkis Kanata Universitas Mataram
  • Teti Zubaidah Universitas Mataram

Abstract

Metode geolistrik tahanan jenis merupakan salah satu dari metode geofisika yang dapat mendeteksi aliran listrik di bawah permukaan bumi. Salah satu aplikasi metode geolistrik tahanan jenis adalah dapat mengidentifikasi keberadaan pipa di bawah permukaan.
Penelitian ini menggunakan metode geolistrik tahanan jenis dengan konfigurasi Wenner–Schlumberger. Metode Wenner–Schlumberger adalah metode dengan sistem aturan spasi yang konstan dengan catatan faktor pengali ’n’ adalah perbandingan jarak antara elektroda C1-P1 atau (C2-P2) dengan P1-P2. Instrumen yang digunakan adalah resistivitymeter yang dilengkapi dengan empat  buah elektroda yang memiliki kemampuan dalam pembacaan output respon tegangan akibat arus yang diinjeksikan ke dalam permukaan pasir melalui dua buah elektroda arus dan dua buah elektroda potensial. Masukan instrumen tersebut berupa sumber tegangan DC sebesar 12 volt. Dalam penelitian ini digunakan sofware Res2Dinv untuk memetakan  isoresistivity 2D di bawah permukaan yang diukur. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai resistivitas pipa sebesar 181.654 ?m yang berada pada rentang nilai resistivitas pipa yang diamati sebesar 105 - 107 ?m.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bulkis Kanata, Universitas Mataram
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram
Teti Zubaidah, Universitas Mataram
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram
Published
2013-05-25
How to Cite
KANATA, Bulkis; ZUBAIDAH, Teti. APLIKASI METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK SURVEY PIPA BAWAH PERMUKAAN. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 7, n. 2, may 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/5571>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Keywords

Resistivitas, Isoresistivity 2D, Wenner–Schlumberger