PENERAPAN THEOREMA FUZZY UNTUK MENENTUKAN LOKASI PEMASANGAN DAN KAPASITAS KAPASITOR PADA SALURAN DISTRIBUSI PRIMER

  • Rukmi Sari Hartati Universitas Udayana
  • I Wayan Sukerayasa Universitas Udayana
  • I Nyoman Setiawan Universitas Udayana

Abstract

Dalam penulisan ini dibahas tentang aplikasi teori himpunan Fuzzy untuk menyelesaikan penempatan optimal dan kapasitas kapasitor bank pada penyulang distribusi. Ada beberapa penyulang yang mempunyai kualitas rendah pada profil tegangannya, disebabkan karena adanya beban-beban induktif yang dipergunakan oleh konsumen. Sebagai contoh penyulang-penyulang yang melayani daerah-daerah turis yang baru seperti di kabupaten Tabanan (penyulang Penebel) dan daerah kabupaten Buleleng (penyulang Menjangan). Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan memasang kapasitor bank untuk mengkompensasi beban-beban induktif. Optimal placement and sizing of capacitor bank on the feeders of Penebel and Menjangan can be calculated based on a combination of maximum sensitivities selection, Fuzzy theorem, and local variations algorithm. Kesimpulan menunjukkan bahwa dengan mengaplikasikan metode ini untuk penyulang-penyulang Penebel dan Menjangan dapat memperbaiki profil tegangannya, sehingga tidak ada bus-bus pada kedua penyulang tersebut yang tegangannya melanggar batas-batas yang diijinkan. Demikian juga penghematan biaya tahunan cukup signifikan, yaitu sebesar 3043.94 USD untuk penyulang Penebel dan 2327.16 USD untuk penyulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Nyoman Setiawan, Universitas Udayana
Dalam penulisan ini dibahas tentang aplikasi teori himpunan Fuzzy untuk menyelesaikan penempatan optimal dan kapasitas kapasitor bank pada penyulang distribusi. Ada beberapa penyulang yang mempunyai kualitas rendah pada profil tegangannya, disebabkan karena adanya beban-beban induktif yang dipergunakan oleh konsumen. Sebagai contoh penyulang-penyulang yang melayani daerah-daerah turis yang baru seperti di kabupaten Tabanan (penyulang Penebel) dan daerah kabupaten Buleleng (penyulang Menjangan). Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan memasang kapasitor bank untuk mengkompensasi beban-beban induktif. Optimal placement
and sizing of capacitor bank on the feeders of Penebel and Menjangan can be calculated based on a combination of
maximum sensitivities selection, Fuzzy theorem, and local variations algorithm.
Kesimpulan menunjukkan bahwa dengan mengaplikasikan metode ini untuk penyulang-penyulang Penebel
dan Menjangan dapat memperbaiki profil tegangannya, sehingga tidak ada bus-bus pada kedua penyulang tersebut
yang tegangannya melanggar batas-batas yang diijinkan. Demikian juga penghematan biaya tahunan cukup
signifikan, yaitu sebesar 3043.94 USD untuk penyulang Penebel dan 2327.16 USD untuk penyulang.

Published
2007-07-09
How to Cite
HARTATI, Rukmi Sari; SUKERAYASA, I Wayan; SETIAWAN, I Nyoman. PENERAPAN THEOREMA FUZZY UNTUK MENENTUKAN LOKASI PEMASANGAN DAN KAPASITAS KAPASITOR PADA SALURAN DISTRIBUSI PRIMER. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 6, n. 2, july 2007. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/246>. Date accessed: 20 apr. 2024.