PENERAPAN PENGOLAHAN PARALEL MODEL CLUSTER SEBAGAI WEB SERVER

  • Maman Somantri Teknik Elektro Universitas Diponegoro
  • Ari Darmariyadi Universitas Diponegoro

Abstract

engolahan paralel merupakan suatu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pengolahandata dengan melakukan lebih dari satu pengolahan data tersebut secara bersamaan. Salah satu bentuk pengolahanparalel adalah model cluster. Pengolahan paralel model cluster ini akan digunakan untuk mengolah data Web,dengan membangun server Web yang di-cluster. Cluster server Web ini menggunakan teknologi Linux VirtualServer (LVS) yang dapat dilakukan dengan NAT, IP tunneling, dan direct routing yang memiliki empat algoritmapenjadwalan.

Pada penelitian ini akan digunakan teknologi LVS untuk membuat cluster Web Server denganmenggunakan NAT, diterapkannya teknologi Network File System, dan Network Block Device yang digunakansebagai media penyimpanan dalam jaringan. Dalam pengujian sistem cluster ini, pertama dilakukan pengujianjaringan yang digunakan untuk mengetahui kinerja sistem, dan pengujian sistem cluster dalam mengolah data Webdengan perangkat lunak WebBench dan script benchmark.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-01-08
How to Cite
SOMANTRI, Maman; DARMARIYADI, Ari. PENERAPAN PENGOLAHAN PARALEL MODEL CLUSTER SEBAGAI WEB SERVER. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 6, n. 1, jan. 2007. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/233>. Date accessed: 25 apr. 2024.