ANALISA UNJUK KERJA SISTEM V-BLAST PADA KANAL FREQUENCY SELECTIVE FADING DALAM RUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODULASI J-ary QAM

  • I Gusti Agung Komang Diafari Djuni Harta Universitas Udayana

Abstract

Sistem V-BLAST (Vertikal BLAST) merupakan salah satu sistem komunikasi tanpa kabel (wireless) yang dapat meningkatkan kapasitas sistem dengan menggunakan antena pemancar dan penerima yang lebih dari satu, yang dikenal dengan multi elemen antenna. Dalam Vertikal BLAST ini, menggunakan modulasi J-ary QAM, dimana masing-masing pemancar dan penerima menggunakan J-ary QAM dan bentuk diagram konstelasi sinyal yang sama. Propagasi gelombang radio dari pemancar ke penerima pada sistem V-BLAST yang terjadi didalam ruangan (indoor) dapat menimbulkan fading. Frequency selective fading merupakan salah satu bentuk fading yang dapat mengakibatkan interferensi antar simbol (ISI).

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sistem V-BLAST yang menggunakan tingkat modulasi 4-QAM memiliki unjuk kerja yang lebih baik dari sistem dengan tingkat modulasi 8-QAM atau 16-QAM. Semakin tinggi nilai rms delay spread yang dinormalisasi, unjuk kerja sistem V-BLAST akan semakin buruk untuk seluruh tingkat modulasi QAM (J-ary QAM) yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-07-08
How to Cite
DIAFARI DJUNI HARTA, I Gusti Agung Komang. ANALISA UNJUK KERJA SISTEM V-BLAST PADA KANAL FREQUENCY SELECTIVE FADING DALAM RUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODULASI J-ary QAM. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 5, n. 2, july 2006. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/230>. Date accessed: 26 apr. 2024.