PENGGUNAAN PC SEBAGAI SISTEM MONITORING MESIN DAUR ULANG PLASTIK BEKAS DENGAN PLC SEBAGAI KONTROL OTOMATIS

  • Agung Warsito Universitas Diponegoro
  • Susatyo Handoko Universitas Diponegoro

Abstract

Pada dunia industri dan automatisasi, kebutuhan akan sistem dan kontroler yang baik, efektif dan efisien adalahsuatu keharusan. Sebagai suatu kontroler PLC dapat memberikan solusi yang diinginkan. PLC memiliki kelebihan,diantaranya dapat diprogram, mudah diprogram, program dapat diubah-ubah, sederhana dalam wiring, kompak,lebih kuat terhadap kondisi lingkungan dan mudah dalam troubleshooting.

Dalam penelitian ini , PLC digunakan sebagai kontroler pada sistem mesin daur ulang plastik bekas. Dimana nantinya akan menghasilkan biji plastik dengan proses produksi menggunakan auto loader sebagai pengisian bahan baku secara automatis, heater untuk melelehkan bahan, screw untuk membawa bahan dari heater ke nozzle, pompa membuat sirkulasi air tetap terjaga suhunya dan penarik, menarik tali plastik untuk dipotong. Borland Delphi 6.0digunakan sebagai sistem monitoring, yang dapat mengontrol dan memonitor sistem kerja mesin daur ulang secarareal time.

Dari pembuatan dan analisa didapat hasil bahwa dengan menggunakan kontrol automasi akan mempermudah operator untuk memonitoring sistem kerja mesin secara real time. Delphi dapat berkomunikasi dengan baik pada PLC sebagai pembuatan visual simulasi mesin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-07-08
How to Cite
WARSITO, Agung; HANDOKO, Susatyo. PENGGUNAAN PC SEBAGAI SISTEM MONITORING MESIN DAUR ULANG PLASTIK BEKAS DENGAN PLC SEBAGAI KONTROL OTOMATIS. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 5, n. 2, july 2006. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/229>. Date accessed: 29 mar. 2024.