IMPLEMENTASI IEC 61131-3 PADA OTOMATISASI PEMBUATAN TIRAMISU

  • Trias Andromeda Universitas Diponegoro
  • Iwan Setiawan Universitas Diponegoro
  • Riva Amrulloh Universitas Diponegoro

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dan mengimplementasikan IEC 61131-3 pada otomatisasipembuatan tiramisu. Selama sepuluh hingga lima belas tahun terakhir, berbagai bahasa pemrograman yang berbedatelah digunakan untuk memprogram Programmable Logic Controler (PLC). Untuk satu bahasa pemrograman sajamisalnya Ladder Diagram, tiap-tiap jenis PLC mempunyai aturan dan cara pemrograman yang berbeda-beda.Padahal industri modern biasanya tidak hanya menggunakan satu jenis PLC saja melainkan berbagai jenis PLC, halini akan menjadi tidak effisien, baik dari segi waktu maupun uang.

IEC 61131-3 merupakan bagian ketiga dari IEC 61131 yang membahas mengenai standar pemrograman PLC.Pada bagian bahasa pemrograman, IEC 61131-3 ini mengakomodasi 5 bahasa pemrograman PLC berbeda, yang kelimanya bisa digabung/digunakan secara bersamaan ataupun terpisah tergantung proses yang akan dikendalikan.Sedangkan pada bagian elemen umum terdapat Program Organization Units (POUs) yang terdiri dari FUN, FB danPRG, ketiganya merupakan unsur yang digunakan untuk membangun sebuah project aplikasi kendali industri.Poject dibuat dengan bantuan perangkat lunak FPWIN Pro 4.0 versi demo dan PLC Nais FP0-C16T sebagaikontroler.

Dalam penelitian ini, IEC 61131-3 diimplementasikan untuk otomatisasi pembuatan tiramisu. Hasil pengujiandan implementasi membuktikan bahwa antara satu bahasa dengan bahasa lainnya, memiliki hasil dan tingkatkeberhasilan yang sama, artinya dengan IEC 61131-3, project yang sama dapat diprogram dengan bahasapemrograman yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-07-08
How to Cite
ANDROMEDA, Trias; SETIAWAN, Iwan; AMRULLOH, Riva. IMPLEMENTASI IEC 61131-3 PADA OTOMATISASI PEMBUATAN TIRAMISU. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 5, n. 2, july 2006. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/227>. Date accessed: 19 apr. 2024.