PENGARUH IMPLEMENTASI SYNTHESIZED FREQUENCY HOPPING TERHADAP CALL SETUP SUCCESS RATE (CSSR) GSM 900 MHz PT. INDOSAT BALI

  • Gede Sukadarmika Unud

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi bergerak (mobile communication) yang sangat pesat memacu paraoperator seluler di Indonesia untuk saling melempar strategi guna merebut hati konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan memperkuat jaringan masing-masing. Salah satu upaya yang ditempuh untuk memperkuat jaringanadalah dengan mengoptimalkan penggunaan frekuensi yang tersedia. PT. Indosat melakukan pengoptimalan frekuensi ini dengan penerapan Synthesized Frequency Hopping. Call Setup Success Rate (CSSR) adalah salah satuparameter yang menentukan unjuk kerja jaringan. CSSR merupakan rata – rata panggilan sukses yang masuksetelah mendapatkan Traffic Channel(TCH). Kondisi existing CSSR di PT Indosat sebelum penerpan SFH masihdibawah 97,5 % sedangkan target yang diinginkan yaitu 98,7 %. Setelah penerpan SFH diperoleh peningkatanCSSR sebesar 0,63 %, namun demikian peningkatan ini belum mencapai terget yang diinginkan. Sehinggadiperlukan langkah-langkah optimasi lagi terhadap network yang existing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-01-08
How to Cite
SUKADARMIKA, Gede. PENGARUH IMPLEMENTASI SYNTHESIZED FREQUENCY HOPPING TERHADAP CALL SETUP SUCCESS RATE (CSSR) GSM 900 MHz PT. INDOSAT BALI. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 5, n. 1, jan. 2006. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/225>. Date accessed: 28 mar. 2024.