BINERISASI CITRA TANGAN DENGAN METODE OTSU

  • I K G Darma Putra Universitas Udayana

Abstract

Geometri tangan merupakan salah satu jenis biometrik yang sering digunakan dalam sistem autentikasi. Proses binerisasi citra tangan merupakan salah satu proses awal untuk menentukan ciri-ciri geometri citra tangan. Isu utama pada proses binerisasi adalah menentukan nilai ambang karena nilai ini sangat mempengaruhi kesempurnaan hasil proses binerisasi. Penentuan ciri-ciri geometri tangan, seperti panjang dan lebar setiap jari-jari tangan dan luas area telapak tangan, sangat membutuhkan kesempurnaan hasil proses binerisasi citra telapak tangan.

Pada tulisan ini, penentuan nilai ambang untuk proses binerisasi menggunakan metode Otsu.Metode ini menentukan nilai ambang dengan menggunakan analisis driskriminan. Citra input adalah citra tangan gray level 256 warna dengan latar belakang berwarna hitam. Berdasarkan hasil uji coba, metode Otsu mampu memberikan hasil citra tangan biner yang sangat memuaskan. Untuk melihat keberhasilan tersebut, pada tulisan ini juga disertakan perbandingan hasil proses binerisasi dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2004-07-08
How to Cite
PUTRA, I K G Darma. BINERISASI CITRA TANGAN DENGAN METODE OTSU. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 3, n. 2, july 2004. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/195>. Date accessed: 20 apr. 2024.