PENGEMBANGAN ANALISIS ALIRAN DAYA DENGAN MEMPERHITUNGKAN PENGARUH KUALITAS ENERGI LISTRIK

  • antonius Ibi Weking

Abstract

Permasalahan kualitas energi listrik akhir-akhir ini mendapat perhatian besar berkenaan dengan meningkatnya kerugian energi listrik. Penurunan kualitas daya dalam keadaan “steady state” yang berlangsung cukup lama dapat mempengaruhi pemakaian energi listrik dari system / peralatan-peralatan distribusi.

Untuk melakukan analisis kualitas energi listrik pada sistem tenaga yang kurang baik ini, dibuatkan model analisis aliran daya dengan memperhitungkan karakteristik pemakaian energi dari komponen-komponen utamanya. Aliran daya yang dipakai adalah pengembangan metode fast decoupled untuk analisis aliran daya tiga phasa pada sistem distribusi radial.

Model pengembangan analisis aliran daya diuji pada sistem distribusi radial dengan komponen utamanya seperti saluran, transformator daya, dan motor induksi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengaruh turunnya kualitas energi listrik menyebabkan meningkatnya rugi-rugi listrik pada sistem distribusi radial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

antonius Ibi Weking

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Published
2012-08-07
How to Cite
IBI WEKING, antonius. PENGEMBANGAN ANALISIS ALIRAN DAYA DENGAN MEMPERHITUNGKAN PENGARUH KUALITAS ENERGI LISTRIK. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 1, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1584>. Date accessed: 25 apr. 2024.