Penggunaan Filter Hibrid Konfigurasi Seri Untuk Memperbaiki Kinerja Filter Pasif Dalam Upaya Peningkatan Pereduksian Harmonisa Pada Sistem Kelistrikan Di Rsup Sanglah

  • I Wayan Rinas Unud

Abstract

Rumah Sakit Umum Pusat  Sanglah adalah salah satu tempat yang banyak mengoperasikan peralatan-peralatan beban non linier, sehingga mengakibatkan kandungan harmonisa arusnya melebihi 8% , kondisi ini tidak sesuai dengan batas kandungan harmonisa berdasarkan IEEE standar 519-1992 sebesar 8%. Pada penelitian sebelumnya, digunakan filter pasif untuk mengatasi  harmonisa tersebut. Penurunan harmonisa arus setelah penggunaan filter pasif rata-rata sebesar 7,71%. Untuk lebih meningkatkan kerja filter pasif dalam mengatasi harmonisa maka dilakukan penelitian dengan melakukan simulasi pengoperasian filter hibrid. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kandungan THD di RSUP Sanglah dan penanggulangannya dengan simulasi penggunaan filter hibrid konfigurasi seri menggunakan software simulink MATLAB. Hasil simulasi penggunaan filter hibrid konfigurasi seri sebagai upaya perbaikan filter pasif menunjukkan THD arus dan tegangan  mengalami penurunan dari sebelumnya. Kandungan THD arus setelah penggunaan filter hibrid mengalami penurunan rata-rata sebesar 3,17%, dan penurunan THD tegangan sebesar rata-rata 1,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Rinas, Unud
Unud
Published
2012-12-01
How to Cite
RINAS, I Wayan. Penggunaan Filter Hibrid Konfigurasi Seri Untuk Memperbaiki Kinerja Filter Pasif Dalam Upaya Peningkatan Pereduksian Harmonisa Pada Sistem Kelistrikan Di Rsup Sanglah. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 11, n. 2, dec. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/11109>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Keywords

THD, filter pasif, filter hibrid