Realisasi Perangkat Pengendali On-Off Lampu Penerangan Melalui Sms (Short Message Service) Dengan Umpan Balik Berbasis Mikrokontroler At89s52

  • I Made Agustiana Putra Unud
  • IGAP Raka Agung Unud

Abstract

Penggunaan lampu penerangan yang tidak tepat waktu bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, pemborosan energi listrik dan mengurangi umur lampu penerangan. Pemakaian mikrokontroler dan HP GSM dengan sms untuk pengendalian nirkabel sangat praktis dan efisien. Pada penelitian ini akan direalisasikan perangkat  pengendali on-off lampu penerangan dengan perantaraan SMS (Short Message Service) handphone (HP) GSM berbasis mikrokontroler AT89S52. Perangkat ini dapat mengkomunikasikan HP statis dengan mikrokontroler AT89S52 melalui komunikasi serial. Komunikasi ini meyebabkan mikrokontroler dapat mengendalikan on-off delapan lampu penerangan dengan rangkaian relay dan membaca kondisi on-off lampu penerangan melalui sensor photodioda. Perintah on-off lampu penerangan dikirim berupa sms oleh HP mobil ke HP statis yang terhubung serial ke mikrokontroler AT89S52. SMS ini akan dibaca dan diterjemahkan ke kode PDU dan dilaksanakan oleh mikrokontroler untuk on-off lampu penerangan. Berdasarkan kondisi on-off lampu penerangan ini HP statis akan mengirim sms balik ke HP mobil tentang kondisi lampu penerangan ini. Hasil pengujian pada peralatan ini menunjukkan HP mobil sudah mampu menghidupmatikan (on-off) delapan buah lampu penerangan baik secara bersamaan maupun satu demi satu. Sedangkan kondisi on-off lampu bisa diketahui satu demi satu dengan  mengirim sms yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Agustiana Putra, Unud
Unud
IGAP Raka Agung, Unud

Jurusan  Teknik Elektro, Fakultas Teknik  Universitas Udayana

Published
2012-12-01
How to Cite
AGUSTIANA PUTRA, I Made; RAKA AGUNG, IGAP. Realisasi Perangkat Pengendali On-Off Lampu Penerangan Melalui Sms (Short Message Service) Dengan Umpan Balik Berbasis Mikrokontroler At89s52. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 11, n. 2, dec. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/11104>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

Lampu, SMS, Mikrokontroler, Photodioda, Handphone.