PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PERSEPSI INVESTOR

  • putu gede wisnu permana
  • Ni Ketut Rasmini Fakulltas ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan semakin menyadari bahwa keberlangsungan hidupnya tergantung pada hubungan perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengintegrasikan aspek sosial dan lingkungan ke dalam operasi bisnis secara berkelanjutan guna menyeimbangkan kepentingan dan kesejahteraan stakeholders. Penelitian ini menguji apakah karakteristik perusahaan memoderasi pengaruh pengungkapan CSR, pada  persepsi investor di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sampai dengan 2012. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Kompas 100 dengan 169 pengamatan.

Data dianalisis dengan menggunakan moderated regression analysis. Model regresi telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik perusahaan memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dan persepsi investor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-25
How to Cite
PERMANA, putu gede wisnu; RASMINI, Ni Ketut. PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PERSEPSI INVESTOR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], may 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/9322>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci: Pengungkapan CSR, Karakteristik Perusahaan, Persepsi Investor