PENGARUH JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Nyoman Suartini Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Made Suyana Utama Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial jumlah kunjungan wisatawan, pajak hiburan dan PHR terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Gianyar, dan mengetahui pengaruh dominan dari ke tiga variabel bebas terhadap PAD Kabupaten Gianyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder, yang selanjutnya dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan,  pajak hiburan, pajak hotel dan restoran berpengaruh signifikan terhadap PAD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 1991 -2010. Dari nilai koefisien regresi terstandar menunjukkan nilai variable PHR tertinggi, maka dapat disimpulkan PHR memiliki pengaruh paling dominan  terhadap PAD Kabupaten Gianyar. Pemerintah daerah disarankan agar memperbaiki mekanisme pemungutan PHR dan melakukan pendataan ulang terhadap jumlah hotel dan restoran.

Kata Kunci: jumlah kunjungan wisatawan, pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, pendapatan asli daerah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-08
How to Cite
SUARTINI, Ni Nyoman; SUYANA UTAMA, Made. PENGARUH JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], mar. 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/4941>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

jumlah kunjungan wisatawan, pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, pendapatan asli daerah