PREDIKSI KURS SPOT DAN KURS FORWARD TERHADAP KURS FUTURE SPOT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING PADA PT. S. C. ENTERPRISES DI KUTA BADUNG

  • I NENGAH ANDRI SUTAPA Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • LUH GEDE SRI ARTINI Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas bagaimana fluktuasi kurs mata uang asing yang dapat menimbulkan foreign exchange exposure dan berpengaruh terhadap arus kas di masa yang akan datang yang dimikili oleh PT. S. C. Enterprises yang merupakan eksporter pada industri garmen. Permasalahan menitikberatkan pada apakah perusahaan perlu melakukan tindakan hedging berdasarkan prediksi kurs spot dan kurs forward pada bulan Januari, februari, dan Maret tahun 2011 terhadap kurs future spot bulan April, Mei dan Juni tahun 2011. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan analisis dengan menggunakan metode analisis trend kuadrat terkecil (Least square method) karena dianggap memiliki standar deviasi dan tingkat kesalahan prediksi terkecil. Hasil penelitian yang ditemukan dari prediksi yang dilakuan menunjukkan bahwa kurs IDR terhadap USD pada tiga bulan berikutnya diprediksi mengalami fluktuasi yang signifikan sehingga dapat disimpulkan untuk penerimaan pelunasan piutang ekspor ketika kurs IDR terhadap USD melemah tindakan hedging sebaiknya tidak dilakukan, karena jika dibandingkan dengan kurs forward yang ditawarkan oleh pihak bank, future spot diprediksi memiliki nilai yang lebih tinggi sehingga menguntungkan bagi perusahaan. Sementara untuk penerimaan pelunasaan piutang ekspor ketika kurs IDR terhadap USD menguat, perusahaan sebaiknya melakukan tindakan hedging karena jika dibandingkan  dengan kurs  forward yang ditawarkan, nilai dari future spot lebih kecil sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan apabila tindakan hedging tidak dilakukan.

Kata Kunci : Pengambilan Keputusan Hedging, PT. S. C. Enterprises.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-12-27
How to Cite
ANDRI SUTAPA, I NENGAH; SRI ARTINI, LUH GEDE. PREDIKSI KURS SPOT DAN KURS FORWARD TERHADAP KURS FUTURE SPOT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING PADA PT. S. C. ENTERPRISES DI KUTA BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], dec. 2012. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/4354>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Pengambilan Keputusan Hedging, PT. S. C. Enterprises.