PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KINERJA (STUDI PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA DENPASAR)

  • Adhi Krisna Yuliawan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Wayan Gede Supartha Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Pencapaian tujuan organisasi merupakan cermin dari keefektifan dari seorang pemimpin. Sedangkan pegawai atau bawahan menilai keefektifan pemimpin dari sedut pandang kepuasan yang mereka rasakan selama pengalaman kerja secara menyeluruh. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Pegawai Negeri di Lingkungan Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode proporrionate stratified random sampling, dan beredar criteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 143 sampel. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis SEM ((Structural Equation Modeling) versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) kepemimpinan  berpengaruh positif  terhadap kepuasan kerja. (2) Kepemimpinan berpengaruh positif  terhadap kinerja. (3) kepemimpinan berpengaruh positif  terhadap komitmen organisasi. (4) komitmen berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. (5) komitmen berpengaruh positif terhadap kinerja. (6) kepuasan kerja berpengaruh positif  terhadap kinerja. Maka disarankan kepada kepala pimpinan unit kerja di Lingkungan Sekretariat Daerah untuk berupaya meningkatkan loyalitas dengan menumbuhkan kesedian berkorban melalui lebih banyak penghargaan yang dihubungkan dengan kontribusi dari masing-masing individu pegawai di Lingkungan Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja, Komitmen Organisasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-12-10
How to Cite
YULIAWAN, Adhi Krisna; GEDE SUPARTHA, I Wayan. PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KINERJA (STUDI PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA DENPASAR). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], dec. 2012. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/4293>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja, Komitmen Organisasi