Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

  • Rahman Rusdi Hamidy Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Wiksuana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Gede Sri Artini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Pemegang saham mempunyai kepentingan untuk meningkatkan nilai perusahaan demi memaksimalkan kekayaannya, peningkatan nilai perusahaan lebih direpresentasikan oleh harga saham (diproksikan dengan price book value). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan profitabilitas (diproksikan dengan return to equity) dalam memediasi pengaruh struktur modal (diproksikan dengan debt to equity ratio). Populasi penelitian adalah perusahaan properti dan real estate di BEI Tahun 2008-2012. Penentuan sampel dengan purposive sampling method. Pengujian hipotesis menggunakan tehnik analisis jalur dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 16. Penelitian menunjukkan hasil dimana profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, karena utang akan dapat meningkatkan nilai perusahaan, dan peningkatan nilai perusahaan ini akan lebih besar apabila utang dapat meningkatkan profitabilitas dari perusahaan. Perusahaan yang menjadi sampel penelitian belum mencapai titik optimal pada tingkat utangnya, sehingga penambahan proporsi utang yang dapat meningkatkan profitabilitas dapat digunakan untuk mendapatkan nilai perusahaan yang lebih tinggi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-29
How to Cite
HAMIDY, Rahman Rusdi; WIKSUANA, I Gusti Bagus; ARTINI, Luh Gede Sri. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/10237>. Date accessed: 19 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

price book value; return on equity; debt to equity ratio

Most read articles by the same author(s)