TOKSISITY OF DETERGENT AND ARTIFICIAL TEXTIL COLOR TO WATER STRIDER (Gerris marginatus)

  • I K. Putra Juliantara
  • Ni Luh Watiniasih
  • I Wayan Kasa

Abstract

Kualitas perairan tawar dapat dipengaruhi oleh masuknya polutan, misalnya detergen dan pewarna kain sintetis, sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup organisme air seperti serangga akuatik (anggang-anggang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui toksisitas detergen dan pewarna kain sintetis terhadap angganganggang.
Penelitian ini terdiri dari dua faktor, yaitu detergen dan pewarna kain sintetis. Faktor detergen terdiri dari empat konsentrasi yaitu konsentrasi 0, 3, 6 dan 9 ppm, demikian juga dengan pewarna kain sintetis terdiri
dari empat konsentrasi yaitu konsentrasi 0, 15, 30 dan 45 ppm. Penelitian ini menggunakan rancangan perlakuan faktorial 4x4 dan rancangan percobaan RAK (Rancangan Acak Kelompok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa detergen berpengaruh negatif terhadap daya tahan hidup anggang-anggang dalam waktu 24 jam (P<0,05), demikian juga pengaruh pewarna kain sistesis (P<0,05). Akan tetapi, tidak ada pengaruh
interaksi dari detergen dan pewarna kain sintetis terhadap kematian anggang-anggang (P>0,05). Selain itu, ukuran tubuh memberikan pengaruh yang nyata terhadap waktu kematian anggang-anggang (P<0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa detergen dan pewarna kain sintetis meningkatkan jumlah kematian anggang-anggang dalam 24 jam, namun tidak ada efek interaksi antar kedua perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-06-01
How to Cite
JULIANTARA, I K. Putra; WATINIASIH, Ni Luh; KASA, I Wayan. TOKSISITY OF DETERGENT AND ARTIFICIAL TEXTIL COLOR TO WATER STRIDER (Gerris marginatus). Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 19, n. 1, june 2015. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/16495>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Keywords

anggang-anggang, detergen, pewarna kain sintetis, bioindikator